Senin, 02 Januari 2012

Manual Book Chatting


MANUAL BOOK BROWSING

1. Pengenalan Browser

WWW adalah layanan yang paling sering digunakan dan memiliki perkembangan yang sangat cepat karena dengan layanan ini kita bisa menerima informasi dalam berbagai format (multimedia). Untuk mengakses layanan WWW dari sebuah komputer (yang disebut WWW server atau web server) digunakan program web client yang disebut web browser atau browser saja. Jenis-jenis browser yang sering digunakan adalah: Netscape Navigator/Comunicator, Internet Explorer, NCSA Mosaic, Arena, Lynx, dan lain-lain. 

2. Tampilan Internet Explorer dan Fungsi Tools-nya


 
3. Surfing / Browsing

Surfing  merupakan istilah umum yang digunakan bila menjelajahi dunia maya atau web. Tampilan web yang sangat artistik yang tidak hanya menampilkan teks tapi juga gambar-gambar yang di tata sedemikian rupa sehingga selalu membuat betah netter untuk surfing berjam-jam. Karena itu para netter harus sangat memperhitungkan rencana web mana saja yang akan dikunjungi atau batasi informasi yang ingin diakses, karena bila tidak netter akan tersesat kedalam rimba informasi yang maha luas. 

 4. Langkah-Langkah dalam Browsing 
a.    Klik double pada icon Internet Explorer.
b.      Pastikan nama situs yang akan Anda browsing, mis. Situs berita islameramuslim
c.       Ketikkan nama situs tersebut (www.eramuslim.com) pada kolom address bar.
d.      Tekan 'enter'. Atau klik tombol  
e.       Tunggu beberapa saat hingga tampilan keseluruhan selesai dan tertulis 'Done' di Status Bar. (tampilannya akan seperti di bawah ini)
Jika ingin membuka halaman baru dengan page yang sama, dapat dilakukan dengan cara: klik File pada menu, klik New, dan klik Window. Atau dengan menekan tombol Ctrl+N 

 Jika sudah selesai, Internet Explorer ditutup dengan cara mengklik 'Close' pada menu files 


5. Menyimpan Web Pages

Untuk menyimpan data di situs yang sedang terbuka
bisa dilakukan dengan 3 cara : 
    a.     Simpan ke hard disk dengan meng-klik 
  File
  Save As, dan pilih folder untuk penyimpanan 
  Save  dan anda bisa membukanya kembali dirumah/rental sesuai dengan aslinya dengan penuh   gambar ( formatnya ber-ekstensi *.html) 
    b.     Bila anda hanya membutuhkan text-nya saja dan imagenya nggak perlu (file yang dihasilkan dengan penyimpanan cara (1) sangat besar) maka anda bisa mengambil        teksnya saja dengan    cara
              High light (sorot) text-nya copy (Ctrl+C) dan pastekan (Ctrl+V) di Ms Word 
     c.  Bila anda seorang programmer komputer yang menginginkan program asli dari         tampilan website tsb anda dapat melakukan : 
  Klik kanan teks tsb, akan muncul Menu Pop Up Buka kode html-nya dengan klik   View Source 
  Source Code Akan muncul pada NotePad, kemudian simpan filenya dengan :  File , Save, Pada  file name, ganti extension file txt dengan htm

Tidak ada komentar: